Selasa, 03 Juni 2014

REAKSI BIOLOGI YANG MUNGKIN AKAN TERJADI SAAT PERBAIKAN GIZI

Disarikan dari Dr. Mary Ruth Swope, University of Columbia


Saat organ tubuh menerima makanan sehat (berkualitas), maka sel tubuh akan mengeluarkan bahan-bahan yang bermutu rendah dan mengisinya dengan makanan sehat, sehingga sel-sel dapat tumbuh dengan sehat.

Sebelum bahan-bahan tersebut dibersihkan oleh tubuh, maka harus diedarkan berulang dalam pembuluh darah, baru akhirnya diekskresi/dikeluarkan. Dalam masa peredaran berulang inilah yang biasanya timbul gejala sakit kepala dan rasa tidak nyaman lainnya.
Jangan PATAH SEMANGAT, SABARLAH, BERILAH KESEMPATAN PADA TUBUH AGAR LEBIH BERSTAMINA, LEBIH KUAT, LEBIH SEHAT UNTUK MENGGANTIKAN SEL-SEL YANG TIDAK SEHAT. Perlu diketahui bahwa proses tumbuh kembali (regenerasi) sel membutuhkan waktu.

Pembenahan tubuh dimulai dari tubuh bagian dalam keluar, tubuh dapat memlilih sendiri prioritas organ yang menderita kerusakan. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk pembenahan atau pelepasan unsur racun, tergantung jumlah yang perlu dibenahi.

Walaupun bagaimanapun, kita umumnya mampu menahan sebagian besar gejala tidak nyaman tersebut. Bagi yang timbul rasa tidak nyaman, TIDAK NYAMAN INI TIDAK ADA ARTINYA JIKA DIBANDINGKAN HASIL KEMAJUAN FISIK YANG DICAPAI DALAM SETIAP TAHAPAN PEMBENAHAN SEL, APALAGI JIKA DIBANDINGKAN ANDA MELAKUKAN TERAPI DENGAN OBAT-OBATAN YANG MASIH MEMBERIKAN EFEK SAMPING (MESKIPUN KITA TERASA LEBIH NYAMAN).

Namun perlu diingat, jangan beranggapan bahwa setelah perbaikan kualitas makanan kemudian secara spontan semuanya akan berubah membaik, karena pada dasarnya perubahan fisik tubuh manusia secara alami bersifat periodik harus melalui tahap-tahap tertentu. Setelah melalui beberapa periode perbaikan, maka akan diperoleh kesehatan tubuh yang lebih baik, sebagian orang memperolah kesehatan prima.

 

REAKSI TUBUH YANG MUNGKIN TERJADI SAAT PERBAIKAN GIZI

Mual
Proses adaptasi tubuh, hal normal, tidak akan lama.

Mulas
Proses detoksifikasi, 3-5 hari akan hilang. Hindari makanan merangsang seperti pedas, dingin, asam.

Pusing tanpa keringat dingin
Proses adaptasi tubuh, hal normal 3-5 hari hilang, minum lebih banyak air putih.

Pusing disertai keringat dingin
Berarti menahan lapar, makan sesuai jadwal program. Tambahkan cemilan berprotein, berserat, rendah kalori, minum air lebih banyak.

Muntah
Sedang beradaptasi dengan jenis makanan baru, belum terbiasa porsi makan dikurangi dan sedang menetralisir asam-basa bagi orang yang asam lambungnya berlebihan. Solusinya, pada tahap awal, dikonsumsi bersama makanan biasa, lambat laun diubah sesuai program.

Sembelit
Kurang minum, tambahkan minum air putih dan makanan berserat dan berolahraga.

Sariawan
Kurang cairan untuk mengekskresi unsur racun, maka timbul sariawan yang disebabkan proses pembuangan racun secara cepat. Banyak minum air puih, makan sayur dan buah.

Otot agak ngilu
Tubuh sedang mengarah kembali ke keadaan sehat, bagian lemah mulai berreaksi. Gejala alamiah.

Bersemangat, riang, susah tidur
Tubuh sedang membakar lemak yang berlebihan dan diubah menjadi energi. Gejala alamiah, jika benar-benar sulit tidur, sementara kurangi takaran.

Pening, lemah, lapar
Terjadi pada penderita kadar gula darah rendah, sebab sedang terjadi penurunan sedikit kadar gula. Konsumsi sayur, buah, madu dan air putih. Tingkatkan metabolisme dengan aktifitas.

Kulit gatal
Gejala ekskresi racun, sering terjadi pada penderita gangguan ginjal. Perbanyak minum air putih.

Organ tubuh terasa sakit
Sedang terjadi perbaikan dalam organ tubuh yang terasa sakit, terus lanjutkan setelah beberapa hari rasa sakit akan hilang.

Keluar keringat, tinja agak pekat, tenggorokan kering
Sedang terjadi pembuangan racun. Gejala normal, banyak minum air putih.

Buang air besar berkurang
Jumlah makan yang dikonsumsi lebih banyak terserap. Gejala normal, tambahkan makanan berserat tinggi untuk membersihkan kotoran.

Penurunan berat badan lambat
Kelenjar tiroid (gondok) membantu kerja ginjal sebagai pembuangan air kencing, liver menetralisir unsur racun dan metabolisme cadangan lemak. Jika fungsi ketiga organ terganggu, maka hasil penurunan tidak dapat mencolok. Terus tekun menjalankan program untuk pembenahan tubuh terlebih dahulu.

Berat badan naik
Setelah lemak terurai, jumlah urat/otot akan bertambah, massa otot bertambah, tubuh sedang menahan air. Bisa juga yang terjadi adalah fungsi pembuangan air seni pada ginjal kurang bagus, sementara sedang terjadi penimbunan air. Tetap lanjutkan program.

Tidak ada reaksi nyata
Bersyukurlah! Kondisi badan fit walau tak tampak dari luar daya tahan tubuh meningkat. Cobalah berolahraga, maka akan terasa daya tahan tubuh sudah bertambah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar