Minggu, 13 Juli 2014

PEMILIK BADAN GEMUK JANGAN PILIH OLAHRAGA LARI



Liputan6.com, Jakarta. Banyak orang beranggapan bahwa olahraga lari adalah olahraga termurah yang bisa dilakukan oleh semua orang, tak terkecuali penyandang obesitas. Beberapa di antaranya bahkan berharap dengan lari, berat badannya bisa turun cepat.

Ini yang keliru. Menurut pakar gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS. SpGK lari bagi penyandang obesitas dapat beresiko sakit sendi di lutut. Parahnya lagi, ia bisa terkena Osteoarthritis penyakit yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Jika sudah terkena, penyakit sulit disembukan.

"Orang gemuk itu jalan saja susah. Patokannya, perempuan diatas 80kg dan pria diatas 100kg, jangan pernah menyarankan mereka untuk olahraga yang berat dan olahraga yang memberi benturan pada lutut seperti berjalan, lari atau treadmill". Katanya tegas.

Mengapa dilarang? Kata Samuel. Sewaktu ia berjalan atau berlari lutut menanggung dua kali berat badan penyandang obesitas. Samuel menyontohkan, jika beratnya 100kg maka ia harus menanggung 200kg. Jika ia memaksakan diri, ia bisa terkena Osteoarthritis.

"Olahraga yang baik untuk orang gemuk, misalnya bersepeda, sepeda statis, berenang atau berjalan di kolam renang", tukasnya.

(Gabriel Abdi Susanto)
Sumber: Liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar